Thousand Utopias

I play ~ I inspired ~ I create
 
HomeHome  CalendarCalendar  FAQFAQ  SearchSearch  UsergroupsUsergroups  RegisterRegister  Log inLog in  

Share | 
 

 Semua tentang ikan hiu

Go down 
AuthorMessage
FireCyclops
Commoner
Commoner
avatar

Jumlah posting : 58
Karma : 0
Join date : 2011-03-26

PostSubject: Semua tentang ikan hiu   Mon Mar 28, 2011 8:05 pm

Bayangkan kau sedang berada di lautan naik motorboat. kemudian ada sebuah sirip ikan menyembul keluar di sisi boat mu. kamu santai saja karena dikira itu ikan lumba-lumba karena tidak ada yang berenang secepat mereka. setelah beberapa detik, makhluk itu melompat dari air tinggi sekali. sekarang kau bisa melihat seluruh tubuhnya dan kau menyadari bahwa itu adalah ... HIU!

Ikan hiu adalah perenang ulung; mereka bisa berenang secepat 40m/j. paling cepat adalah hiu maco. untuk kecepatan jarak dekat, kecepatannya bisa mencapai 60m/j. Hiu ini juga pelompat yang baik. ia bisa melompat sampai 6,5 yard di atas permukaan air.



Salah satu makhluk tertua di dunia

100 juta tahun sebelum zaman dinosaurus, hiu sudah berenang melintasi lautan. Hiu yang paling tua hidup sekitar 400 juta tahun lalu. sejak 60 juta tahun lalu, ada beberapa keluar ga hiu yang tidak mengalami perbahan terlalu banyak bila kau bandingkan dengan hiu yang hidup di zaman sekarang.

Ragam spesies hiu

Satu hiu tidak sama dengan yang lainnya. secara keseluruhan kita baru mengetahui ada 360 jenis ikan hiu. setengah dari mereka hidup di dasar lautan dan mereka tidak pernah mendekati manusia. Yang lainnya tinggal di permukaan lautan. jenis-jenis hiu memiliki beragam bentuk dan ukuran. ada hiu yang panjangnya hanya 6 inci, dan ada juga yang panjangnya mencapai 15 yard. hiu terbesar biasanya adalah hiu yang paling tenang. misalnya paus hiu atau hiu raksasa. mereka hanya makan plankton dan kepiting kecil.


hiu lain hanya makan ikan, kepiting, bintang laut dan makhluk laut kecil lainnya. hiu yang sangat berbahaya adalah blue shark, greenland shark, riff shark, hiu martil dan great white shark atau mako shark. mereka bisa makan anjing laut hingga beruang kutub.

Kenapa mereka tidak bisa jatuh ke dasar air?

Hiu tidak mempunyai alat berenang, organ tubuh yang terisi udara, yang biasanya digunakan ikan untuk mengapung agar tidak tenggelam. namun hiu memiliki tulang khusus yang terbuat dari cartilage. cartilage itu sedikit lebih ringan daripada material yang umumnya membentuk susunan tulang umum yang membuat mereka lebih mudah untuk mengapung. Hiu juga memiliki minyak yang ringan di dalam hati mereka yang sangat membantu mereka agar tidak terjatuh ke dasar air.

Hiu bisa tenggelam!

Tahukah kamu bahwa hiu bisa hanyut? beberapa jenis hiu harus berenang terus, maka dengan cara itu mereka bisa mendapatkan oksigen, karena air memenuhi kisi-kisi mereka. maka dari itu, bila mereka terjebak di dalam jaring atau kurungan sempit, mereka bisa mati. hiu lain tidak memiliki masalah seperti ini karena mereka dapat menekan air yang masuk ke dalam kisi-kisi mereka untuk keluar.

Keluarga

Hiu tidak merasakan kehidupan keluarga. mereka hidup sendiri, berburu sendiri dan tidak perduli pada anak-anak mereka. mereka adalah penyendiri. hanya pada saat reproduksi, beberapa hiu bertemu dalam kelompok besar. hiu-hiu saling menemukan jodoh mereka karena para betina mengeluarkan semacam aroma.



Hiu melahirkan dengan tiga cara. beberapa hiu seperti cat shark atau bull shark, beranak dengan cara bertelur. telur itu berbentuk seperti kubus. pada setiap empat sudut ada semacam benang yang mengikat mereka dengan tanaman air hingga bayi hiu itu siap untuk meninggalkan cangkangnya.
Pada hiu lain, seperti blue shark, hiu martil, grey shark atau saw shark, melahirkan anak-anak mereka.
kemudian cara yang lain adalah cara diantara bertelur dan melahirkan. hiu seperti paus hiu, hiu putih dan hiu macan atau carpet shark membawa telur mereka di dalam tubuh mereka. Saat bayi itu sudah siap, mereka keluar dari telur mereka yang cangkangnya sangat kuat, namun masih berada di dalam tubuh induk mereka. dan pada saat itulah si ibu melahirkan bayinya.

masa kehamilan ikan hiu bisa memakan waktu yang sangat lama. bagi gray shark, waktu yang dibutuhkan sedikit lebih lama dari satu tahun dan untuk curl shark bisa memakan waktu dua tahun. alasan bagi periode yang lama ini adalah untuk menghasilkan bayi yang sangat kuat yang memenangkan persaingan hidup saja, menentukan bayi mana yang memiliki kesempatan yang lebih baik untuk bertahan hidup.



beberapa bayi hiu tidak menyukai saudara-saudara mereka. bisa saja dari 60 bayi dari tiger shark, hanya ada dua yang tersisa pada akhirnya. Hal ini terjadi karena si bayi saling memakan saudaranya sendiri bila mereka tidak memiliki makanan yang cukup. untuk menekan kejadian ini, beberapa hiu membuat ruangan terpisah bagi masing-masing bayi di dalam tubuh induknya. dengan cara itu mereka tidak dapat membunuh atau saling menyakiti.

Hiu tidak mengurus bayinya. mereka harus bisa mandiri. mereka tidak belajar dari orangtua mereka cara berburu, bagaimana cara menghindari musuh, atau bagaimana cara bereproduksi. mereka mempelajari semua itu dari insting. mau tidak mau, mereka harus menjadi dewasa segera setelah mereka lahir agar bisa terus hidup.


Port Jackson Shark Egg

kalau mereka tidak dimakan oleh musuh atau mati karena sakit, hiu bisa hidup dalam rentang waktu yang sangat lama, namun usia mereka berbeda-beda tergantung dari jenis hiu itu. Cat shark misalnya, bisa hidup selama 8 tahun. Dornshark bisa hidup selama 24 tahun, dan hiu lain bisa hidup rata-rata selama 30 hingga 50 tahun. rekor hidup ikan hiu yang terlama yang pernah diketahui hingga sekarang adalah 70 tahun.

Hiu tidak kenal sakit gigi

perkakas paling penting bagi hiu adalah giginya. bila kau tanya seseorang yang selamat dari serangan hiu, dia akan mengatakan padamu bahwa gigitannya tidak begitu sakit. Namun gigi hiu tajamnya seperti silet dan kerasnya seperti besi. dan pada permukaannya bergerigi seperti pada gergaji. ia bisa mengiris tulang yang tebal dengan mudah dan cepat.

Kita boleh iri pada gigi hiu. mereka tidak pernah merasakan sakit gigi. gigi Hiu tumbuh pada lapisan ekstra dari kulit yang mana hiu tidak merasakan sakit. saat memotong tulang, gigi tersebut bisa retak atau patah. tapi bagi Hiu itu bukan masalah besar. dalam satu baris gigi, mereka bisa menumbuhkan lima baris gigi lagi. dalam beberapa jam saja gigi yang retak atau patah itu beregenerasi. pada permukaan kulit spesialnya, gigi baru selalu tumbuh lagi. Tiger shark contohnya, mereka biasanya menumbuhkan 1.400 buah gigi dalam waktu 10 tahun. riff shark sering menggigit batu besar untuk mencari makanan yang tersembunyi dan menggunakan lebih dari 10.000 gigi dalam waktu 18 tahun.
Lemon shark mengganti giginya sekali dalam seminggu, sekalipun bila mereka tidak patah.


Great White Shark's teeth

banyak hiu tidak hanya memiliki gigi saja dalam mulutnya, tapi juga gigi kecil pada kulitnya. gigi pada permukaan kulit itu adalah gigi asli yang sudah mereka rawat sejak dulu. para ilmuwan menyelidiki embrio hiu dan mendapati bahwa gigi pada mulut dibuat dari gigi pada kulit pada saat masa kehamilan. gigi pada kulit bekerja seperti kertas pemangkas. kalau ada hiu lewat dan menyenggolmu, dia bisa membuat kulitmu tergores dan berdarah. dan seringkali darah itu meningkatkan nafsu makan si hiu.

Indera yang berbeda

manusia biasanya memiliki lima indera. penglihatan, pendengaran, penrasa, sentuhan dan penciuman. hiu juga memiliki indera ini tapi cara kerja mereka berbeda. penglihatan hiu tidak bagus, sinar mata hari tidak masuk ke dalam air begitu dalam, membuat mata hiu hanya berfungsi dalam jarak dekat.

biasanya seekor hiu menggunakan telinganya untuk menyadari sesuatu dan mengukur jarak. hiu tidak hanya memiliki dua telinga pada kepalanya, telinganya berupa dua buah garis dari depan kepalanya hingga ke ujung siripnya. garis panjang ini memiliki lubang-lubang kecil dimana air menyusup masuk. para hiu bisa mendengar gelombang suara yang berbeda di dalam air seperti kita dapat mendengar gelombang suara yang beragam di udara. setiap gerakan menciptakan suara, tapi tidak semua orang bisa mendengarnya. pergerakan dalam air menciptakan gelombang suara yang sangat lembut. gelombang suaraini tidak mampu didengar oleh manusia, namun mampu di dengar dengan baik oleh hiu. mereka dapat mengetahui dimana letak mangsa mereka dengan menggunakan indera pendengaran mereka dari kejauhan. dan begitu jarak tersebut mulai mendekat, indera penglihatannya mulai mengambil alih. hiu baru menyerang bila ia mendengar bunyi gaduh yang dirasakannya sbeagai mangsa dan yang paling sering adalah bila ia mencium bau darah segar.



seekor hiu memiliki dua buah hidung pada masing-masing sisi kepalanya. hidung-hidung ini memiliki dua lubang yang masing-masing berfungsi seperti insang ikan. air melewati hidung mereka secara terus menerus sehingga si hiu bisa menyadari setiap perubahan yang terjadi. indera penciuman hiu sangat-sangat baik. misalnya, great white shark bisa mencium satu tetes darah yang terjatuh di lautan luas.

bila seekor hiu tidak yakin mangsanya terasa lezat atau tidak, ia menggunakan indera keempatnya, perasa. daripada lidah, hiu menggunakan keseluruhan tubuhnya untuk merasakan kelezatan mangsanya. menyentuh si hiu akan membuktikan apakah mangsanya ini enak atau tidak.

bila seekor hiu menyerang, secara otomatis ia memanggil hiu lain karena aroma darah segar di dalam air. lebih dari 20 hiu lain bisa datang dan pesta makan yang liar pun dimulai. kini hiu itu akan makan apapun yang mereka temukan dan ia tidak perduli apakah bisa dimakan atau tidak. mereka tidak hanya menggigit mangsa mereka, tapi menggigit kotak, kabel, batu, kapal. namun dalam situasi ini, mereka tidak akan menyakiti atau membunuh satu sama lain.

sekalipun airnyasudah pekat oleh darah dan mereka tidak dapat melihat apapun, indera kelima mereka akhirnya berfungsi. indera ini mirip dengan indera elektrik, seluruh kepala dari hiu ini memiliki lubang yang sangat kecil. dalam setiap lubang itu terdapat sehelai rambut yang sangat halus yang dapat menerima sinyal elektrik dalam jarak 1 yard. semua hewan menghindari sinyal elektrik ini, misalnya, melalui pergerakan otot. bila hiu menyadari ada sinyal elektrik dari hiu lain selama pesta makan liar mereka, ia segera menyadarinya dan tidak jadi menggigitnya.

Teman dan musuh

percaya gak percaya, hiu mempunyai sekutu. antara lain pilotfish, mereka tidak tertarik pada sisa-sisa makanan hiu, mereka makan kutu ikan, kepiting kecil, cacing penghisap darah yang biasanya hidup pada permukaan kulithiu. maka pilotfish ini membersihkan hiu mereka dan sebagai rasa terima kasih, hiu tidak memangsa mereka. hiu bahkan melindungi pilotfish dari sebagian besar pemangsa mereka karena para pemangsa itu takut pada si hiu. persahabatan antara hiu dan ikan lain juga sama seperti itu. beberapa ikan membersihkan kulit hiu sementara si hiu melanjutkan pengembaraannya. secara keseluruhan kita mengetahui ada 10 jenis ikan yang berbeda yang hidup secara simbiosis mutualisme dengan seekor hiu.



hubungan antara hiu dan lumba-lumba memiliki dua sisi. satu sisi mereka dapat hidup dan berburu bersama dengan damai. namun di sisi lain, kadang hiu menyerang lumba-lumba yang sedang sendirian dan kadang lumba-lumba secara beregu menyerang hiu. memanfaatkan kepala mereka yang keras dan tajam, hiu menghantam perut atau insang hiu dan membuatnya kesakitan. Hiu bisa saja mati karena luka yang ia terima ini.



Hiu memang sangat berbahaya. namun mereka bukan raja lautan. mereka memiliki banyak musuh, paus yang seringkali jauh lebih besar daripada hiu, adalah salah satunya. paus pembunuh atau paus pod bisa menelan hiu bulat-bulat. jangan lupa gurita raksasa yang dapat berbahaya bagi hiu. dengan tentakel mereka yang panjangnya bisa 9 hingga 13 yard, mereka dapat menangkap hiu dan memakannya.

hewan lain seperti swordfish atau singa laut juga bisa menyakiti hiu dan menimbulkan luka serius. ular laut juga sangat berbahaya dengan racun mereka yang dapat membunuh hewan lain dengan segera. maka dari itu biasanya hiu menghindari ular laut.

selain itu ada pula hiu yang bisa memangsa hiu lainnya, terutama hiu abu-abu yang memakan semua hiu yang lebih kecil darip 3 yard. great white shark juga memakan semua yang lebih kecil darinya.

musuh paling berbahaya bagi hiu, yang juga musuh berbahaya bagi hewan lain adalah tidak lain manusia itu sendiri. para nelayan menangkap hiu untuk mengambil dagingnya, kadang mereka hanya mengambil sirip saja lalu sisanya digunakan untuk makanan, kulitnya sebagai bahan baku, dan beberapa partisi tubuhnya yang kaya akan vitamin dimanfaatkan sebagai obat.



banyak orang berpikir bahwa hiu adalah makhluk buas yang harus dibunuh. walau benar bahwa kadang hiu menyerang manusia, namun mereka tidak sadar bahwa lebih banyak orang tewas karena petir, gigitan ular, sengatan lebah, belum termasuk kecelakaan kendaraan. namun konyolnya tidak ada yang berpikir untuk melarang penggunaan mobil. orang membunuh hiu karena benci, untuk melindungi pantai, karena mereka pikir itu tempat enak untuk liburan.

Biasanya orang membunuh 4,5 juta hiu dalam setahun. itu akan sama saja bila si hiu bisa membunuh setengah orang yang hidup di sebuah kota selama setahun. maka dari itu populasi hiu berkurang drastis di dunia ini. dalam 10 tahun terakhir, beberapa negara berusaha untuk melindungi hiu. kini jumlah hiu yang boleh dibunuh sudah dibatasi. walaupun mereka mulai melindungi hiu, banyak dari mereka yang masih terancam kepunahan hingga saat ini.

Source
Back to top Go down
 
Semua tentang ikan hiu
Back to top 
Page 1 of 1
 Similar topics
-
» Sekilas tentang ikan arwana
» Sekilas tentang ikan guppy
» Beberapa fakta tentang Ikan Maskoki
» Sekilas tentang ikan catfish
» menjawab pertanyaan tentang apakah ikan air laut bisa di transisi menjadi air tawar???

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Thousand Utopias :: Komunitas :: Fan Clubs :: Animal Lovers-
Jump to: