Thousand Utopias

I play ~ I inspired ~ I create
 
HomeHome  CalendarCalendar  FAQFAQ  SearchSearch  UsergroupsUsergroups  RegisterRegister  Log inLog in  

Share | 
 

 Ensiklopedi : Knights

Go down 
AuthorMessage
FireCyclops
Commoner
Commoner
avatar

Jumlah posting : 58
Karma : 0
Join date : 2011-03-26

PostSubject: Ensiklopedi : Knights   Sat Mar 26, 2011 5:10 pm

1. Paladin

Di kalangan gamers Indonesia, nama "Paladin" pasti sudah sangat akrab dan dikenal dengan baik. Seringkali class ini digambarkan sebagai class kelanjutan dari "Knight" atau "Swordsman" yang pada intinya adalah ksatria berzirah dengan pertahanan tinggi, badak, dan identik dengan unsur/element/attribute Holy.

Namun apa itu Paladin sebenarnya? Kenapa namanya harus Paladin? Siapa yang mencetuskan nama itu? Darimana nama sebutan itu berasal? Apakah benar Paladin ada sungguhan? Bila ada, siapakah orang nyata yang benar-benar memiliki class Paladin?

Pengenalan Paladin
Paladin sungguh ada di masa lalu. Paladin pertama kali muncul di Eropa dan merupakan kesatuan pasukan elite yang mengabdi pada Charlemagne atau Charles the Great(742-814). Dan sebutan "Paladin" mulai populer sekitar abad 12 atau 13. Pada masa itu, Paladin juga dikenal sebagai 12 sekawan.

Tidak ada data lengkap mengenai siapa saja 12 sekawan ini. Akan tetapi figur yang paling terkenal yang seringkali disebut-sebut sebagai Paladin legendaris adalah Roland, atau terkenal juga dengan nama Orlandu. (Saya yakin gamer Final Fantasy Tactics pasti kenal betul siapa itu Orlandu). Konon angka 12 pada zaman itu cukup populer di Eropa karena sama dengan 12 Apostles of Christ alias 12 rasul Kristus Yesus.

Lalu darimana nama "Paladin" itu berasal?
Di Roma, Italia, ada 7 buah gunung berjejer. Gunung yang berada di tengah namanya Palatine. Nama Palatine ini juga sama dengan kata "Palazzo" (Itali) atau "Palace" (Inggris). Menurut bangsa Sabines dan Albania, orang-orang Roma awalnya tinggal digunung Palatine.

[You must be registered and logged in to see this image.]

Roland (Hruodland) (Wafat 15 Augustus 778)
Kisah mengenai Roland berasal dari kebudayaan Prancis. Mengenai catatan sejarahnya, seorang bernama Einhard mencatat biografi Roland. Einhard juga orangnya Charlemagne. Roncevaux Pass adalah tempat dimana Roland gugur dalam perang.

Di Norwegia, nama Roland juga disebut-sebut dalam kisah Karlemagne's Saga.
Roland adalah tokoh pahlawan yang terkenal pada zaman Medieval Eropa. Pada suatu hari Charlemagne dan pasukannya sedang dalam perjalanan melintasi Roncevaux. 12 Paladin turut serta dengannya untuk menjaga bagian belakang pasukan inti. Ternyata mereka diserang oleh sepasukan Muslim akibat pengkhianatan ayah angkat Roland, Ganelon. Roland melawan dengan berani dan sebelum meninggal, Roland meniup sangkakalanya tiga kali sekuatnya agar Charlemagne kembali dan bisa membalas kematian mereka. Roland gagal membunuh Marsile, namun ia berhasil memotong tangan kanannya.

Roland memiliki seorang teman baik bernama Oliver. Ia juga bertunangan dengan saudara Oliver yang bernama Aude.
Kudanya bernama Veillantif. Dan memiliki semacam sangkakala terbuat dari gading gajah, barangkali fungsinya sama dengan kentungan kalau di kampung. Orang Eropa sana menyebutnya "Horn" dan nama horn ini adalah Oliphaunt.

Terakhir, Durandal adalah nama pedang milik Roland. Pedang itu diyakini sebagai pedang terkuat di dunia. Pedang yang tidak bisa hancur. Mengetahui dirinya akan mati, Roland menyembunyikan Durandal di bawah tubuhnya agar tidak diambil musuh. Durandal adalah pedang yang memiliki element udara.

============================
sumber : Wikipedia
Back to top Go down
 
Ensiklopedi : Knights
Back to top 
Page 1 of 1
 Similar topics
-
» Shadow Sphere and Mystic Knights manga
» HOUSTON AREA SuperHeroes!!!

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
Thousand Utopias :: The Universe :: Jendela Dunia-
Jump to: